Polri Terus Dorong Implementasi Samsat Digital di Seluruh Wilayah Indonesia

JAKARTA– Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi digital.

Salah satu sektor yang sedang mendapatkan perhatian adalah sektor perpajakan. Polri sebagai institusi yang bertanggung jawab dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, turut berperan aktif dalam mendorong implementasi Samsat Digital di seluruh Indonesia.

Melalui Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan berupaya menghadirkan samsat digital di seluruh wilayah Indonesia.

Hal ini disampaikannya setelah mengunjungi Samsat digital di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat, 16 Februari 2024.

“Mudah-mudahan ini dari yang pertama ini sebagai perintis samsat digital ini akan coba memprogramkan dari teman-teman Pembina Samsat tingkat pusat akan coba memprogramkan untuk seluruh wilayah Indonesia,” kata Aan dalam keterangan tertulis, Sabtu, 17 Februari 2024.

Dalam kunjungan ke Samsat digital di Terminal Leuwipanjang, Aan didampingi Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus. Menurutnya, Samsat digital di Terminal Leuwipanjang ini yang pertama di Indonesia.

Jenderal bintang dua ini mengatakan dengan pelayanan yang berubah dari konvensional menjadi digitalisasi sangat memudahkan masyarakat. Sebab, prosesnya hanya memakan waktu 15 menit.

“Dengan digitalisasi Samsat ini, pelayanan masyarakat dimudahkan, tidak perlu turun lagi mengantre, cukup di mobil cek fisik kendaraannya kemudian dipastikan legalitasnya, masyarakat bisa melakukan perpanjangan STNK, membayar pajak kendaraan bermotor dan pembayaran sumbangan wajib berlalu lintas,” terang Aan.

Samsat Digital merupakan inovasi terbaru dalam sistem perpajakan di Indonesia.

Dengan adanya Samsat Digital, masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online melalui aplikasi yang telah disediakan. Hal ini tentu akan memudahkan masyarakat dalam melaksanakan kewajiban perpajakan mereka tanpa harus datang ke kantor Samsat secara langsung.

Polri menyadari bahwa implementasi Samsat Digital di seluruh Indonesia bukanlah tugas yang mudah. Dibutuhkan kerjasama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan berbagai pihak terkait untuk mencapai tujuan ini. Oleh karena itu, Polri telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan bahwa Samsat Digital dapat hadir di seluruh Indonesia.

 Salah satu upaya yang dilakukan oleh Polri adalah dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai manfaat dan cara menggunakan Samsat Digital. Polri menyadari bahwa masih banyak masyarakat yang belum familiar dengan teknologi digital, terutama di daerah-daerah terpencil.

Oleh karena itu, Polri bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengadakan pelatihan dan workshop mengenai penggunaan Samsat Digital.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah dan percaya diri dalam menggunakan Samsat Digital.

Selain itu, Polri juga telah melakukan evaluasi terhadap sistem perpajakan yang ada saat ini.

Polri menyadari bahwa masih ada beberapa kendala yang dihadapi oleh masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Oleh karena itu, Polri bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan sistem perpajakan yang ada. Dengan adanya perbaikan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah dan nyaman dalam melaksanakan kewajiban perpajakan mereka.

Implementasi Samsat Digital di seluruh Indonesia bukanlah tugas yang mudah, namun Polri yakin bahwa dengan kerjasama yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan berbagai pihak terkait, tujuan ini dapat tercapai. Polri akan terus berupaya untuk memastikan bahwa Samsat Digital hadir di seluruh Indonesia, sehingga masyarakat dapat lebih mudah dan nyaman dalam melaksanakan kewajiban perpajakan mereka.

Dengan adanya Samsat Digital, diharapkan juga dapat mengurangi kemacetan dan antrian di kantor Samsat, sehingga waktu dan energi masyarakat dapat lebih efisien digunakan.

 Dalam era digital ini, pemanfaatan teknologi menjadi hal yang tidak dapat dihindari. Polri sebagai institusi yang berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, turut berperan dalam mendorong implementasi Samsat Digital di seluruh Indonesia. Dengan adanya Samsat Digital, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik dan memudahkan masyarakat dalam melaksanakan kewajiban perpajakan mereka. Polri akan terus berupaya untuk memastikan bahwa Samsat Digital hadir di seluruh Indonesia, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara maksimal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.